KRITERIA KELULUSAN MINIMAL
Sekolah : SMPN 2 Mandirancan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
KKM Mata Pelajaran : .................
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
KKM S.K : …….
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | |||
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN | KKM | |||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | ||
1. 1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat · Mampu menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan · Mampu menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita Mampu menyimpulkan isi berita dalam satu alinea. | | | | |
1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat · Mampu menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan melalui radio/televisi Mampu menuliskan isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat | | | | |
Standar Kompetensi : 2.Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumumam
KKM S.K : …….
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | |||
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN | KKM | |||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | ||
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif · Mampu mendata pokok-pokok cerita pengalaman yang mengesankan · Mampu menyusun pokok-pokok cerita menjadi rangkaian cerita pengalaman melalui tanya jawab Mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan pokok-pokok rangkaian cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif | | | | |
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana · Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman · Mampu merangkai pokok-pokok pengumuman menjadi sebuah pengumuman · Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana | | | | |
Standar Kompetensi : 3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
KKM S.K : …….
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | |||
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN | KKM | |||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | ||
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai · Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat · Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan | | | | |
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit o Mampu membaca cepat 200 kata per menit o Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan | | | | |
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat · Mampu mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara · Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara bendera dengan intonasi yang tepat | | | | |
Standar Kompetensi : 4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
KKM S.K : …….
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | |||
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN | KKM | |||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | ||
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang ekspresif · Mampu menuliskan pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari! Mampu secara rutin menulis dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif! | | | | |
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa · Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi · Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif · Mampu menyunting surat | | | | |
4.3. Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar · Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman · Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif · Mampu menyunting teks pengumuman | | | | |
Standar Kompetensi : 5. M engapresiasi dongeng yang diperdengarkan
KKM S.K : …….
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | |||
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN | KKM | |||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | ||
5.1 Menemu-kan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengar kan · Mampu menemukan ide-ide menarik dalam dongeng Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng | | | | |
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang · Mampu menemukan isi di dalam dongeng Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang | | | | |
Standar Kompetensi : 6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
KKM S.K : …….
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | |||
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN | KKM | |||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | ||
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat · Mampu menentukan pokok-pokok cerita · Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik Mampu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat | | | | |
6.2 Bercerita dengan alat p6.2 Bercerita dengan alat peraga eraga · Mampu menentukan pokok-pokok cerita · Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang menarik Mampu bercerita dengan menggunakan alat peraga berdasarkan pokok-pokok cerita | | | | |
Standar Kompetensi : 7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
KKM S.K : …….
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | |||
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN | KKM | |||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | ||
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca · Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca · Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita Mampu menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan dan tulis. | | | | |
7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca · Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari · Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun | | | | |
Standar Kompetensi : 8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
KKM S.K : …….
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL | |||
KRITERIA PENETAPAN KETUNTASAN | KKM | |||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | ||
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun · Mampu menentukan syarat-syarat pantun · Mampu menulis pantun · Mampu menyunting pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun | | | | |
8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar · Mampu menentukan pokok-pokok dongeng Mampu menulis dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng | | | | |
1. Kompleksitas : - Tinggi = 50-64
- Sedang = 65-80
- Rendah = 81-100
2. Daya dukung : - Tinggi = 81-100
- Sedang = 65-80
- Rendah = 50-64
3. Intake : - Tinggi = 81-100
- Sedang = 65-80
- Rendah = 50-64
0 komentar:
Posting Komentar